Oleh: kalutnews | 11 Juli 2012

Pilwali Tarakan, KPU Belum Pastikan Gunakan E-Voting

TARAKAN – Pemilihan Walikota (Pilwali) Tarakan yang dihelat pada Oktober 2013 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan belum dapat memastikan untuk menggunakan prangkat teknologi berupa sistem pemilihan Elektronik (e-voting).

Ini berarti, KPU Tarakan pada pesta demokrasi itu akan tetap pada mekanisme Pemilihan Umum (Pemilu) konvensional yang menggunakan kertas suara serta bilik suara sebagai mekanisme pencoblosan.

“Walaupun badan pengkajian dan penerapan teknologi (BPPT) telah memperkenalkan sistem e-voting untuk pemilu, namun sistem tersebut tidak bisa diterapkan serta merta pada Pilwali kota Tarakan,” kata Ketua KPUD Tarakan Syafruddin,SH M.Hum kepada Kalutnews, Rabu (11/07/12).

Kendati di daerah Provinsi Bali E-Voting telah diterapkan oleh KPU setempat, namun untuk KPU Tarakan masih mengantungkan kesiapan masyarakat pada Pilwali 2013 mendatang.

Selain itu, kata Syafruddin, ada 3 hal yang harus dipenuhi sebelum E-voting menggantikan sistem Pemilu Konvensional.

Yakni, pelaksanaan program nasional Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) telah selesai pada 2013 nanti.

Selain itu, penerapan e-voting, juga tergantung kesiapan anggaran khususnya untuk pengadaan peralatan elektronik tersebut.

“Termasuk apakah e-voting masuk dalam revisi UU 32 tahun 2004,” cetus mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Borneo ini.

Apakah pada pelaksanaan Pilwali 2013 nanti penggunaan e-voting merupakan sebuah kewajiban? Dijawab Syafrudin bukan suatu keharusan untuk diterapkan di kota Tarakan. “Sistem konfensional seperti yang dilakukan pada pemilu sebelumnya tidak masalah digunakan,” jawab dia. (nj/ans)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: