Oleh: kalutnews | 11 Juli 2012

Sebanyak 97.278 E-KTP Sudah Tercetak

Gambar

TARAKAN – Hingga Rabu (11/7/2012), Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP yang dilakukan sejak awal 2011 lalu oleh pemerintah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tarakan tercatat sebanyak 97.278 lembar sudah tercetak.

“KTP elektronik ini sudah tercetak tapi dapat diambil setelah Lebaran nanti di Kantor Disdukcapil. Jumlah ini akan terus bertambah,” kata Hamzah, Sekretaris Disdukcapil kepada Kalutnews. Sementara itu, dari 121.451 warga Tarakan yang telah wajib memiliki KTP, 5.657 jiwa diantaranya belum melaksanakan perekaman biometrik e-KTP.

Menurut Hamzah, hal ini disebabkan sebagian masyarakat masih ada yang acuh tak acuh untuk melakukan perekaman e-KTP tersebut. “Selebihnya yang belum melakukan perekaman e-KTP itu,  meliputi para lanjutan usia (lansia) dan Mahasiswa yang sedang mengenyam bangku kuliah di luar Tarakan,” katanya.

Termasuk, tambah dia, sejumlah masyarakat yang sedang bertugas di luar kota namun masih tercatat domisili Tarakan.  Untuk itu,  pihaknya mengimbau bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman data e-KTP dapat dilakukan sebelum akhir Desember tahun ini setiap jam kerja di Kantor Disdukcapil Tarakan.

“Dengan konsekuensi wajib membayar uang denda keterlambatan perekaman data e-KTP sebesar Rp30 ribu. Dana ini masuk ke PAD (Pendapatan Asli Daerah) kota bukan kas untuk Disdukcapil,” tandasnya.

Sebab, per 1 Januari 2013 mendatang KTP biasa atau KTP Konvensional sudah tidak diberlakukan lagi.  Untuk para lansia, setelah hari raya Idulfitri tahun ini pihaknya akan kembali menjemput bola untuk melakukan perekaman e-KTP bagi yang belum di 18 Kelurahan. “Karena selama ini baru 2 Kelurahan yang sudah kami laksanakan,” pungkas Hamzah. (ans)


Responses

  1. Horeee….jadi warga Tarakan legal…

    • Wahhh … Faidoma Warga Tarakan Ilegal Nich ,,, Hahahha

  2. pak hamzah jumlah penduduk tarakan skarang berapa orang sih

    • Ratusan Ribu Neng Anisa ,😀

      • jumlah penduduk Tarakan berdasarkan perekaman e-KTP sampai 11 Juli 2012 Disdukcapil mencatat sebanyak 191.950 jiwa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: