Oleh: kalutnews | 11 Juli 2012

Selama Puasa, Disperindagkop Awasi Pedagang Makanan Siap Saji

IST

TARAKAN – Disperindakop dan UMKM Tarakan memastikan pedagang makanan dan minuman yang siap saji selama bulan puasa nanti, akan menjamur di beberapa tempat di kota ini.

Untuk itu, Kepala Bidang Industri Disperindagkopp dan UMKM Tarakan, Solihatin menegaskan, akan mengawasi kehadiran pedagang makanan home industry rumah tangga tersebut saat Ramadan nanti.

“Sudah menjadi tradisi setiap bulan puasa, home industri rumah tangga dadakan yang menjual kue, makanan dan minuman marak bermuncula. Sehingga pengawasan tetap kita lakukan, “ ujarnya saat ditemui Kalutnews, Rabu (11/07/2012).

Ia menjelaskan, pada pengawasan itu, Disperindakop tidak akan bekerja sendiri melainkan berkordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) selaku leading sektor yang memahami hygenitas kesehatan suatu produk.

“Bentuk pengawasan yang dilakukan meliputi penggunaan bahan baku hingga proses pembuatannya, dan dalam hal ini Disperindakop berkordinasi dengan Dinkes,” Jelasnya.

Melaui pengawasan yang dilakukan Disperindakop diyakinkan mampu meminimalisir penggunaan zat berbahaya bagi kesehatan yang digunakan para pedagang tanpa sepengetahuan konsumen.

“Tidak menutup kemungkinan ada pedagang nakal yang mencari keuntungan lewat momen ramadan ini, dengan cara menggunakan zat berbahaya seperti borak atau pun pengawet lainnya dalam kue, makanan dan minuman,” kata dia.

Oleh karenanya, untuk mensterilkan makanan, minuman dan kue yang diperdagangkan selama bulan Puasa nanti, pihaknya meminta setiap pedagang untuk menutup dagangannya dengan plastik atau alat penutup  lain. “Agar tidak kemasukan debu maupun binatang kecil. Sehingga kondisi barang yang dijual sehat untuk dikonsumsi,” pungkas Solihatin. (nj/ans)


Responses

  1. Bukan hanya Disperindagkop yg mengawasi harus di dukung baik dari dinas kesehatan maupun MUI Kota Tarakan, untuk meyakinkan warga bahwa makanan yg di perjualbelikan layak konsumsi, higienis dan harus Halal…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: