Oleh: kalutnews | 12 Juli 2012

Daftar Tunggu CJH Tarakan Capai 1.470 Orang

GambarTARAKAN – Meskipun sudah mampu memberangkatkan sebanyak 139 orang jamaah haji pada tahun 2011 lalu, tidak membuat daftar tunggu haji di Kota Tarakan berkurang.

Bahkan berdasarkan data dari Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tarakan, daftar tunggu Calon Jamaah Haji (CJH) di kota ini telah mencapai 1.470-an orang.

Bahkan, hingga Kamis (12/7/2012) pendaftaran CJH di Kemenag Tarakan terus terjadi peningkatan. “Hampir setiap hari ada saja yang daftar. Jumlahnya rata-rata 1 sampai 2 orang per hari, kalau setahun rata-rata 100 sampai 200 orang,” kata Hs Hermansyah, Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji Kemenag Tarakan.

Daftar tunggu CJH Tarakan itu diprediksi akan selesai hingga 2020. Itu pun bagi pendaftar yang dilakukan pada 2008 hingga 2010 lalu. Artinya, diatas 2010 hingga tahun ini akan menunggu antara 10 dan 15 tahun lamanya.

“Tahun 2011 lalu itu merupakan pendaftar yang dilakukan pada tahun 2008. Termasuk tahun ini sebanyak 139 orang atau masih mengikuti kuota haji 2011,” jelasnya. Diperkirakan kuota haji 2012 ini akan bertambah sebanyak 12 orang untuk kategori lanjut usia (lansia).

“Jumlah pasti kuota haji tahun ini kita masih menunggu pemerintah pusat apakah akan bertambah atau tidak, namun untuk haji tambahan diperkirakan sama dengan tahun 2011 kemarin,” prediksi Hermansyah.

“Termasuk besaran ongkos naik haji (ONH) yang biasanya mencapai Rp33 juta dengan porsi Rp25 juta,” bebernya.  Sementara kegiatan manasik haji yang rutin dilakukan jauh hari sebelumnya kepada CJH tahun ini akan dilakukan pada pertengahan pekan di depan. (ans)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: