Oleh: kalutnews | 12 Juli 2012

Surat Edaran Walikota Mulai Efektif Per 1 Ramadhan.

TARAKAN –  Surat Edaran Walikota Tarakan nomor 300/1069/PEM tentang Ketertiban Umum yang diberlakukan selama bulan Ramadhan 1433 Hijriyah nanti, secara resmi akan mulai diberlakukan per 1 Ramadhan setelah ditetapkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia.

Demikian disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tarakan Dison,SH usai menerima surat edaran tersebut dari Bagian Hukum Pemkot Tarakan, Kamis (12/7/2012).

“Efektifnya surat edaran Walikota ini, setelah awal ramadhan ditetapkan dan berakhir 2 hari setelah Ramadhan atau tepatnya pasca Idulfitri,” jelasnya kepada Kalutnews. Surat edaran walikota Tarakan yang berlaku selama bulan puasa ini berisikan 4 poin larangan.

Yaitu, larangan melakukan perbuatan asusila, rumah makan diwajibkan menutup usahanya dengan kain sehingga tidak terlihat langsung oleh umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Kemudian, permainan ketangkasan seperti bilyard hanya diperbolehkan buka mulai pukul 09 hingga 4 sore. Dan untuk malam harinya diwajibkan tutup. Sementara tempat Karaoke, klub malam, Bar, PUB, panti pijat dan mandi uap juga diwajibkan untuk tutup total.

Sedangkan untuk kegiatan yang mengganggu ketertiban umum seperti membunyikan petasan, meriam bambu atau leduman maupun bermain kembang api yang menimbulkan ledakan termasuk  balap liar diminta untuk tidak dilakukan.

“Jika dari 4 hal yang dilarang dalam surat edaran ini dilanggar oleh masyarakat, Satpol PP tak segan-segan untuk menindaknya.  Jika nantinya ditemukan atau ada laporan dari warga” tegas Dison. “Belajar dari bulan puasa tahun lalu, pemberian sanksi biasanya mengacu kepada 3 Perda, dan pada bulan puasa tahun ini penerapannya kurang lebih sama,” sambungnya. (KN 6 / KN 3)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: