Oleh: kalutnews | 17 Juli 2012

Kadar Zakat Fitrah Sudah Ditetapkan

TARAKAN – Zakat Fitrah merupakan kewajiban atas setiap muslim dan muslimah untuk menunaikannya yang berfungsi sebagai penyempurna puasa Ramadhan.

Untuk itu, agar pengelolaan zakat tersebut dapat dilakukan secara profesional dan bertanggungjawab, Pemkot Tarakan telah menetapkan kadar zakat fitrah tahun 1433 Hijriyah khusus wilayah Kota Tarakan.

Adapun besaran kadar zakat fitrah dimaksud masing-masing mencakup tiga tingkatan kategori.  Kategori terendah ditetapkan sebesar Rp22.500 per jiwa dengan harga beras Rp9000 per kilogram dikali 2,5 kilogram (kg), kategori menengah sebesar Rp25.000 per jiwa dengan harga beras Rp10 ribu perkilogram x 2,5 perkilogram. Dan untuk kadar zakat tertinggi diteapkan sebesar Rp27.500 per jiwa dengan harga beras Rp11 ribu per Kg x 2,5 Kg.

“Zakat fitrah adalah bahan pokok yang dimiliki seseorang yang kemudian dikeluarkan pada bulan Ramadan, sesuai dengan besaran senilai bahan pokok yang dikonsumsi sehari-hari sebanyak 2,5Kg. Jadi atas dasar tersebutlah kadar zakat fitrah tersebut ditetapkan,” terang Direktur Eksekutif Badan Amil Zakat (BAZ) Tarakan, Syamsi Sarman kepada media ini.

Penetapan kadar zakat, kata dia, berdasarkan keputusan bersama instansi terkait diantaranya Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tarakan, Disperindagkop dan UMKM Tarakan. “Rata-rata beras di pasaran saat ini Rp9 ribu sampai Rp11 ribu per kilogramnya menurut pantauan Disperindagkop,” katanya.

Jika dibandingkan kadar zakat pada tahun 2011 lalu, kadar zakat 2012 ini mengalami kenaikan sebesar Rp2.500. Misalnya, untuk tingkatan tertinggi pada tahun lalu hanya Rp25 ribu, sekarang menjadi Rp27.500

“Mulai 1 Ramadhan nanti kami sudah membuka pelayanan pembayaran zakat fitrah mulai Senin sampai Sabtu, atau di masjid-masjid terdekat,” imbau Syamsi Sarman. (*/KN2)


Responses

  1. zakat lebih cepat dibayarkan lebih baik dan lebih besar manfaatnya, agar cepat tersalurkan. sadarkah kita bahwa fakir miskin bukan membutuhkan biaya untuk berlebaran, tapi mereka juga membutuhkan biaya untuk belanja bahan makanan untuk makan sahur dan buka puasa.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: