Oleh: kalutnews | 18 Juli 2012

Jumat, Muhammadiyah Sudah Mulai Puasa

TARAKAN – Dewan Pengurus Pusat Muhammadiyah menjadwalkan puasa Ramadan 1433 Hijriah dimulai Jumat (20/7/2012) besok.  Artinya, jadwal tersebut juga diberlakukan kepada semua DPD Muhammadiyah di semua daerah tak terkecuali warga Muhammadiyah di Kota Tarakan.

“Dengan begitu pada Kamis malam ini, seluruh warga Muhammadiyah khususnya di Tarakan akan melaksanakan salat Tarawih,” kata Ketua DPD Muhammadiyah Tarakan, Syamsi Sarman kepada media ini.

Penetapan 1 Ramadan tersebut, jelas dia, mengacu ketinggian hilal yang berada pada 1,38 derajat diatas ukuf. Kendati dipastikan penetapan 1 Ramadan pada 2012 ini memiliki perbedaan dengan penetapan Pemerintah, namun untuk 1 Syawal atau hari raya Idulfitri 1433 Hiriyah dipastikan tak miliki perbedaan.

“Kalau Lebarannya dipastikan dilakukan bersama-sama penetapan pemerintah atau NU (Nahlatul Ulama) dan lainnya, karena pada tanggal 18 Agustus nanti tinggi hilal di Indonesia sudah diatas ukuf, jelas Syamsi Sarman.

Terkait keterlibatan Muhammadiyah pada perhitungan sidang isbat yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh  Pemerintah melalui Kementerian Agama RI, pihaknya juga memastikan tak mengikutinya bersama Kantor Kemenag Tarakan.

“Kami mohon maaf tahun ini tidak akan menghadiri sidang isbat atau kegiatan rukyat pada Kamis ini. termasuk partisipasi dalam pawai Tawaruf guna menyambut datangnya bulan Ramadan yang digelar PHBI,” ucapnya. “Karena kita sudah melakukan pawai Tawaruf duluan pada tanggal 18 Juli,” sambungnya.

Ia menambahkan, bagi warga Muhammadiyah di kota Tarakan yang ingin melaksanakan salat Tarawih berjamaah, dapat dilakukan di masjid-masjid binaan Muhammadiyah. Seperti masjid Al-Amin Jembatan Besi, Al-firdaus Kampung Satu, Ar-Fahrudin JJuata Permai, Al-Mustahidin Karungan serta masjid Badurrahman dan Mushola Al-Mustaqin di daerah Pasir Putih. ( KN3/KN2)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: