Oleh: kalutnews | 19 Juli 2012

12 Perda Tunggu Giliran Sebelum Disahkan Kemenhum

TANA TIDUNG – Sedikitnya ada 12 Peraturan Daerah (Perda) yang telah disahkan DPRD Kabupaten Tana Tidung hingga saat ini masih menunggu pengesahan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhum) RI.

Namun, sebelum disahkan Kemenhum, perda-perda tersebut juga dikabarkan masih menunggu evaluasi yang dilakukan Biro Hukum Pemprov Kaltim. “Bukan hanya dievaluasi, perda kita ini juga masih menunggu harmonisasi di provinsi, setelah itu baru diajukan ke Kemenhum,” aku anggota Komisi I DPRD KTT, Abdul Murat kepada media ini.

Persoalan lain, lambannya proses evaluasi dan harmonisasi terhadap 12 perda yang diajukan DPRD KTT oleh Pemprov Kaltim ini juga mengalami kendala antrian karena banyaknya perda dari daerah lainnya yang masuk di masuk di meja Biro Hukum Kaltim. Tak hanya dari KTT, evaluasi dan harmonisasi perda yang dilakukan Pemprov Kaltim saat ini berasal dari 14 kabupaten/kota se-Kaltim.

Bercermin dari banyaknya ‘PR’ Biro Hukum Kaltim tersebut,  Murat-sapaan akrab Abdul Murat mengaku tak bisa memastikan sebanyak 12 perda dari KTT akan mendapat giliran pada tahun ini. Bahkan dipastikan, Pemda KTT harus bersabar menunggu hingga 2013 mendatang.

Adapun 12 perda itu, yakni perda kebersihan, pajak daerah yang terbagi menjadi 8 item termasuk retribusi, perda penerbitan minuman beralkohol, perusda dan beberapa perda lainnya. “Meski begitu, kita tidak tinggal diam atau akan terus mendesak pemprov Kaltim agar evaluasi perda itu terlaksana. Namun, jika melihat banyakny perda yang ngantri, saya rasa tidak bisa tahun ini,” prediksinya. Lantas bagaimana pemerintah setempat menerbitkan perda? Dijawab Murat, sementara ini Pemda KTT masih mengikuti perda induk dari Kabupaten Bulungan. Salah satunya perda retribusi (KN1/KN2)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: