Oleh: kalutnews | 20 Juli 2012

9 Kios BBM Korban Ponton, Minta Bantuan Segera Direalisasikan

TARAKAN – Sebanyak 9 kios Bahan Bakar Minyak (BBM) yang termasuk anggota Koperasi Paguntaka Tarakan yang terletak di pesisir pantai Kelurahan Selumit Pantai akibat ditabrak tiga kapal ponton hingga saat ini belum juga ada kepastian dari pihak perusahaan melalui Pemerintah Kota.

“Kami sudah lapor ke pemerintah dan terakhir mengajukannya ke DPRD Tarakan, tapi sampai saat ini belum ada tanggapan terkait kompensasi yang dijanjikan. Ini yang kami pertanyakan, karena nasib mereka sampai saat ini masih terkatung-katung,” kata Ketua Koperasi Paguntaka Tarakan, Masdar kepada media ini.

Ia menyebutkan, kisaran kerugian akibat musibah angin kencang itu untuk setiap kios BBM mencapai Rp500 juta, Bahkan, ungkap Masdar, ada yang mencapai satu miliar lebih. Tingginya kerugian tersebut dinilai dari biaya material bangunan yang cenderung menggunakan kayu ulin. Yakni, per kubiknya dipatok seharga hingga Rp6 juta.

“Memang ada wacana dari perusahaan untuk membantu sebesar Rp25 juta per kios, tapi bantuan sebesar itu untuk biaya tukangnya saja tidak cukup. Sedangkan untuk membangun nilai kios itu saat ini mencapai Rp200 sampai Rp400 juta untuk ukuran 10×15 meter,” bebernya.

Pihaknya juga meminta ganti rugi karena sejumlah barang-barang berharga yang dimiliki pemilik kios BBM itu telah hilang saat kejadian. “Dari perusahaan menyatakan bukan ganti rugi melainkan hanya santunan, sebenarnya tidak masalah, tapi dari segi bencana yang terjadi itu ada unsur kelalaian dari pihak perusahaan,” kata Masdar.

“Jadi tolonglah kepada pemerintah atau yang berwenang untuk menangani secepatnya, supaya kami bisa berjualan kembali, kami tidak menuntut uang tapi tolong dibangunkan kios dalam bentuk semula,” sambungnya kepada media ini

Prediksi dia, total kerugian yang menimpa 9 kios BBM anggota koperasi Paguntaka ini mencapai Rp10 miliar.  “Sekarang janji hanya tinggal janji. Kami sudah melalui jalur yang benar, yaitu ke Pemerintah, DPRD, tapi kalau misalnya sampai pada waktunya nanti tidak juga ditanggapi, apabila terjadi sesuatu berupa aksi demo yang dilakukan mereka, saya tidak bisa menyalahkan mereka,” pungkasnya. (*/KN2)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: