Oleh: kalutnews | 20 Juli 2012

Warga Tarakan Ziarah Kubur Jelang Ramadan

GambarTARAKAN –  Sejak beberapa hari terakhir hingga Kamis (19/7/2012), hampir semua Tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Tarakan, terlihat lebih ramai dari hari biasa.

Memang beberapa hari jelang bulan suci Ramadan ratusan warga dari Tarakan dan sekitarnya melakukan ziarah ke makam keluarga dan kerabat mereka. Melonjaknya jumlah peziarah menjelang Ramadhan ini, rupanya membawa berkah tersendiri bagi pendoa dan para pedagang yang ada di tempat pemakaman.

Tradisi ziarah kubur menjadi kesempatan untuk mendoakan keluarga dan kerabat yang telah meninggal agar dosanya diampuni dan diterima di sisi Tuhan. Selain itu hal ini juga mengingatkan bahwa semua umat manusia akan kembali kepada Tuhan.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tarakan, KH Zainuddin Dalilla mengatakan, ziarah kubur saat memasuki bulan puasa bukan merupakan sebuah kewajiban, melainkan bentuk budaya yang melekat di tengah masyarakat.

Dijelaskan Zainuddin, tidak ada dasar hukum dalam bentuk sunah Nabi sebelum Ramadan diwajibkan menziarahi kuburan. “Fenomena ziarah kubur bukan hanya terjadi di Tarakan, justru budaya ini juga ditemukan di semua daerah di Indonesia. Dan Nabi Muhammad tidak menganjurkan memasuki Ramadan ziarah dilakukan,” kata dia kepada Kalutnews.

Kendati demikian, tambah Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Tarakan ini, kegiatan tersebut bukanlah masalah asal tidak diniatkan untuk meminta bantuan kepada orang yang telah meninggal. Namun, ia menyarankan ziarah kubur ini dilakukan tak hanya saat mendekati Ramadan atau Hari Raya.

“Jika ziarah yang dilakukan sebatas mengingat kematian maka hukumnya sunah, dan alangkah baiknya ziarah tidak terpatok waktu dan hari,“ ucapnya. (KN6/KN2)

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: