Oleh: kalutnews | 21 Juli 2012

Telkom akan Bangun Kabel Bawah Laut

TARAKAN – Wilayah perairan laut Tarakan menjadi fokus perhatian bagi PT Telekomunikasi Indonesia. Hal itu terbukti PT Telkom melalui Dirjen Perhubungan Laut saat ini tengah mewacanakan pembangunan kabel telekomunikasi di bawah laut Tarakan menuju wilayah Kabupaten Bulungan.

Demikian disampaikan Kepala Administrator Pelabuhan (Adpel) Tarakan, Adang Rodiana usai rapat rencana pembangunan system komunikasi di bawah laut bersama Dirjen Perhubungan Laut dan PT Telkom belum lama ini.

Ia menjelaskan, rencana pembangunan kabel Telkom di bawah permukaan laut Tarakan itu untuk memacu peningkatan persoalan system komunikasi bagi masyarakat di wilayah perairan laut utara Kaltim khususnya yang terjadi selama ini.

“Sehingga system komunikasi di perairan laut khususnya di Tarakan nantinya bisa lebih memudahkan kita semua,” katanya kepada media ini.

Selama ini, aku dia, komunikasi di perairan laut utara Kaltim khususnya Tarakan tidak dapat menjangkau alat komunikasi yang dimiliki masyarakat. “Kapasitasnya bisa lebih besar, dan dapat digunakan semua jenis layanan baik itu internetan, seluler maupun untuk telepon rumah,” kata Adang.

Wacana tersebut telah bersama Pemkot Tarakan yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan dari PT Telkom pusat dengan Dirjen Perhubungan Laut.

“Kabel bawah laut ini akan dimulai dari Desa Tanjung Batu, kelurahan Mamburungan sampai ke Tanah Merah, Bulungan. Berapa panjangnya, saya tidak ingat, jelasnya akan diketahui setelah survey nanti,” bebernya.

Rencananya, survey tersebut akan dilakukan selama dua hari. “Kabelnya akan di tanam dibawah laut sekitar 3 meter dari permukaan laut. Dan daerah tersebut merupakan daerah larangan berlabuh jangkar untuk kapal,” katanya. “Ini akan dirapatkan dengan navigasi,” sambung Adang. (*/KN2)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: