Oleh: kalutnews | 22 Juli 2012

Dinkes Pastikan Jajanan Menu Buka Puasa Steril

GambarTARAKAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tarakan memastikan jajanan menu berbuka puasa yang marak diperdagangkan masyarakat dinyatakan aman dari zat berbahaya untuk dikonsumsi.

Kepala Dinkes Tarakan, dr Khairul menjelaskan, pedagang menu berbuka puasa yang siap saji tersebut sebelumnya diberikan penyuluhan dan pembinaan dalam teknik penyajian makanan dan minuman yang higenis.

“Pembinaan sudah dilakukan dimasing masing kecamatan yang dilakukan sebelum memasuki Ramadan, khusunya pelarangan penggunaan borax, rodamin, formalin dan pembinaan utama di fokuskan pada pasar Ramadan yang besar,“ jelas dr.Khairul kepada media ini. Minggu (22 /7/2012)

Kendati penyuluhan dan pembinaan dilakukan Dinkes, pemantauan melalui Puskesmas dan Kecamatan juga akan tetap dilakukan, khususunya setiap pasar Ramadan termasuk penjual yang ada di pinggir jalan.

“Tetap diawasi, bahkan pengambilan sampling dagangan juga dilakukan terutama dalam penyajian jangan sampai ada makanan yang terbuka dan kemasukan lalat atau debu, sehingga dagangan yang disajikan harus benar sehat untuk dikonsumsi,” bebernya.

Pemantauan jajanan menu buka puasa yang dilakukan Dinkes merupakan kegiatan rutin tahunan. Pada tahun sebelumnya, pihaknya menyatakan tidak menemukan pedagang makanan dan minuman di pasar Ramadan yang menggunakan zat berbahaya. (KN6/KN2)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: