Oleh: kalutnews | 24 Juli 2012

DPRD Minta SKPD Segera Lelang Proyek

TARAKAN – Komisi III DPRD Kota Tarakan mengingatkan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar segera melakukan pelelangan proyek yang hingga memasuki semester II tahun ini belum dilaksanakan.

“Pelaksanaan APBD tahun 2012 sudah melewati semester satu. Bahkan, telah memasuki semester dua. Namun ada beberapa poryek fisik yang sampai saat ini belum dilelang,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Tarakan, Supaad Hadianto kepada media ini.

Sejumlah proyek yang dimaksud itu adalah di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) maupun di SKPD-SKPD lainnya. Menurut dia, jika proyek-proyek pemerintah itu terlambat dilakukan, dipastikan pergerakan ekonomi di kota Tarakan pada sektor pembangunan cenderung akan terhambat.

“Salah satu contoh misalnya di DPUTR baik itu sejumlah proyek penunjukan langsung, pemilihan langsung maupun proyek melalui mekanisme tender online sampai saat ini belum juga dilaunching ke masyarakat,” katanya.

Dampak lain, lanjut Supaad, akan meningkatknya daya tampung tenaga kerja bagi pekerja atau tukang yang selama  satu semester pertama 2012 ini belum bisa bekerja karena proyek-proyek yang disebabkan belum dilaunching.

“Jika proyek-proyek pemerintah ini belum ditender tentu pergerakan sektor ekonomi akan melambat, banyak pekerja yang sangat tergantung dari proyek-proyek tersebut,” cetus dia. “Tak hanya itu, pertumbuhan ekonomi juga akan terhambat seperti inflasi meningkat, daya beli masyarakat menurun dan lainnya. Seharusnya pemerintah tanggap tentang hal-hal seperti ini,” sambung politisi Partai Patriot ini.

Seharusnya, proyek-proyek yang ditangani sejumlah SKPD tak terkecuali DPUTR Tarakan itu sudah dilelang pada bulan April dan Mei 2012 lalu atau sebelum masa berakhir semester pertama. “Sampai saat ini kita belum memahami, belum mengetahui apa penyebabnya kok belum bisa dilaksanakan secara maksimal walaupun ada beberapa proyek yang sudah dilaksanaknan melalui tender,” pungkas Supaad. (*/KN2)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: