Oleh: kalutnews | 24 Juli 2012

Sejak 2009 ‘Hanya’ 22 kali Kebakaran di KTT

ilustrasi

TANA TIDUNG – Kepala Kesbangpol dan Satpol PP Kabupaten Tana Tidung (KTT), Hasnan Mutaqim mengakui, musibah kebakaran yang terjadi selama ini mayoritas  hanya kebakaran lahan kosong. Ia menilai, musibah tersebut terjadi akibat kelalaian warga. “Banyak masyarakat dengan sengaja membakar tanaman-tanaman yang ada di lahannya, kemudian ditinggal begitu saja,” kata dia kepada media ini.

Selain itu, pihaknya juga mengakui musibah kebakaran di KTT hingga saat ini tak banyak yang mengetahui. Padahal jika melihat dari tahun-tahun sebelumnya kasus kebakaran dalam setahun bisa mencapai belasan kasus.  Nah, untuk itu, PMK yang merupakan gabungan dari Kantor Kesbangpol dan Satpol PP menyatakan siap memantau kondisi masyarakat KTT. Terutama selama bulan puasa Ramadan 1433 Hijriyah.

Menurut Hasnan, kebakaran yang merambah ke lahan-lahan warga lainnya kebanyakan disebabkan faktor kelalaian. Untungnya, kata dia, sampai saat ini tak satu pun rumah pemukiman rumah warga yang terkena amukan si jago merah meski sempat nyaris. “Kasus kebakaran di KTT sejak 2009 sampai 2012 berjumlah 22 kasus,” sebut dia.

“Tahun 2010 paling banyak kejadiannya, yaitu ada sekitar 16 titik. Penyebabnya masih sama, kelalaian warga, mereka sering meninggalkan lahannya yang sudah dibakar, sehingga apinya kemana-mana,” tambahnya. Selanjutnya, pada 2011 tercatat ada 3 musibah. Dan untuk 2012 ini baru ditemukan satu kasus. “Kami mengharapkan kepada masyarakat agar jangan melakukan kelalaian seperti insiden yang pernah terjadi sebelum-sebelumnya,” imbau Hasnan. (KN1/KN2)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: