Oleh: kalutnews | 26 Juli 2012

Kenaikan NJOP Tak Pengaruhi PBB

TARAKAN – Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPT) Tarakan, Ali Machfud mengungkapkan, nilai jual objek pajak (NJOP) beberapa tahun terakhir ini cenderung mengalami kenaikan.

Kenaikan tersebut disebabkan harga pasar pada nilai jual tanah khususnya yang terjadi di Kota Tarakan. Namun, kenaikan NJOP ini tak berdampak pada naiknya nilai kewajiban pajak bumi dan bangunan (PBB).

“Kalau PBB kita naikan berdasarkan harga pasar NJOP yang setiap saat naik, dominan masyarakat kita belum siap, sehingga tidak bisa kita lakukan sampai sekarang,” jelas Ali Machfud kepada media ini.

Seharusnya, lanjut dia, setiap tiga tahun sekali NJOP setidaknya dilakukan penilaian untuk menentukan besarannya. “Hanya saja, kita belum bisa melakukan itu karena pertimbangan kita kepada masyarakat yang pastinya PBB akan ikut naik,” katanya.

Akibatnya, sejak 2006 lalu hingga saat ini KPPT Tarakan belum juga dapat melakukan penilaian terhadap NJOP. Pasalnya, menurut dia, jika hal itu dilakukan dipastikan akan memberatkan tingkat kehidupan ekonomi masyarakat yang akhirnya dikhawatirkan terjadi gejolak.

“Ini yang kita pikirkan. Kecuali untuk sektor-sektor tertentu seperti perkebunan, pertambangan, kehutanan yang dilakukan setahun sekali untuk besaran NJOP dan PBBnya, karena sector-sektor itu menghasilkan,” ucap Ali Machfud.

Sulitnya menentukan PBB atas NJOP yang berlaku di pasaran tak hanya terjadi di Tarakan dan kabupaten Nunukan melainkan juga dialami hampir semua daerah di Indonesia. “PPB itu kan dasarnya dari NJOP. Kalau kita melakukan penilaian rutin setiap 3 tahun sekali akan membenani masyarakat,” bebernya (*/KN2)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: