Oleh: kalutnews | 28 Juli 2012

Pemkot Salurkan Zakat Lewat BAZ Tarakan

TARAKAN – Komitmen Walikota Tarakan, H Udin Hianggio untuk tidak melayani pembagian zakat yang dilakukan langsung oleh Pemerintah Kota kepada masyarakat tak mampu pada tahun ini segera akan diwujudkan.

Direktur Eksekutif Badan Amil Zakat (BAZ) Tarakan, Syamsi Sarman mengatakan, berdasarkan kesepakatan dengan Walikota, penyaluran zakat yang biasa dilakukan Pemkot Tarakan diserahkan sepenuhnya oleh BAZ untuk membagikannya kepada masyarakat tak mampu atau fakir miskin.

“Kerjasama ini sudah disepakati bersama, untuk pembagian zakat kepada masyarakat dilakukan BAZ Tarakan bukan Pemkot lagi seperti tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya kepada media ini.

Adapun anggaran zakat yang disalurkan Pemkot  Tarakan melalui BAZ tahun ini sebesar Rp360 juta. Anggaran tersebut, nantinya akan digabung dengan dana santunan yang telah dikumpulkan BAZ Tarakan yang kemudian dibagikan secara bersamaan.

“Dari informasi yang saya dapat,  sekitar Rp360 juta disalurkan lewat BAZ, nantinya didalam amplop zakat yang dibagikan ada 2 stempel yakni stempel Pemkot dan BAZ,” kata Syamsi.

Sementara, sebut dia, jumlah mustahiq atau penerima zakat pada Ramadan kali ini tercatat mencapai sebanyak 12 ribu jiwa lebih. Karena Pemkot menyalurkan zakat melalui BAZ, dipastikan nominal zakat yang diterima lebih besar dari tahun lalu. “Jika pada tahun lalu mustahiq menerima zakat sebesar Rp120 juta, sementara untuk tahun ini setiap mustahiq dapat menerima sebesar Rp150 ribu,” sebut dia.

Melalui kerjasama tersebut, Walikota Tarakan, H Udin Hianggio mengharapkan pembagian zakat bisa berjalan tepat sasaran. Selain itu, masih dikatakan Udin, tak lagi terjadinya antrian masyarakat yang berdesak desakan untuk menerima zakat di seketariat Pemkot Tarakan seperti tahun-tahun sebelumnya. “Kita percaya BAZ mampu menyalurkan zakat dengan tepat sasaran, jika penyalurannya masih di Pemkot kasian masyarakat harus berdesak-desakan,” harapnya. (KN6)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: