Oleh: kalutnews | 29 Juli 2012

Lirik Pelabuhan Feri Juata Laut Jadi Areal Imigrasi

TARAKAN – Kantor Imigrasi Kelas II Kota Tarakan mengaku tertarik untuk menjadikan pelabuhan Feri yang terletak di Kelurahan, Juata Laut, Kecamatan Tarakan Utara sebagai pelabuhan penumpang Internasional.

Ketertarikan Imigrasi Tarakan ini bercermin dari belum adanya titik terang terkait pembenahan pelabuhan Malundung Tarakan sebagai pelabuhan yang steril dari bongkar muat penumpang Internasional. Termasuk aktifitas porter dan penjemput.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tarakan, Bambang Wisnu Wardhana mengatakan, diliriknya pelabuhan Feri tersebut beralasan karena pelabuhan tersebut masih baru, sehingga penataan terminal kedatangan dan keberangkatan dinilai tak terlalu sulit.

“Jika diizinkan pelabuhan Feri Juata Laut layak untuk dijadikan pelabuhan penumpang internasional, artinya pelabuhan yang terpisah dari kegiatan umum,” jelasnya kepada media ini.

Pihaknya menegaskan, keinginan menjadikan pelabuhan Feri Juata Laut sebagai pelabuhan penumpang internasional yang memiliki areal imigrasi mengacu pada Undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian yang berkaitan dengan status izin tinggal dan pengawasan orang asing.

Areal  pelabuhan Internasional, kata dia, merupakan areal yang selalu mendapat pengawasan ketat dari petugas keimigrasian, Badan Pelayanan Bea dan Cukai maupun Karantina Kesehatan Pelabuhan.  “Sehingga baik penumpang, penjemput maupun porter tidak seenaknya keluar masuk dermaga karena telah diawasi 3 intansi itu,” tandas Bambang.

Menurutnya, dengan adanya areal imigrasi di pelabuhan penumpang internasional dapat membantu meminimalisir munculnya tindakan kriminalitas lintas negara yang tak terawasi. Yaitu, mulai dari sindikat narkoba, teroris hingga perdagangan wanita atau human trafficking.

Ia mengungkapkan, usulan areal imigrasi di pelabuhan Malundung sebagai pelabuhan internasional telah dibicarakan dengan Pemkot dan pihak Pelindo. Namun hingga saat masih menemukan berbagai kendala.

“Kita berharap areal imigrasi bisa diadakan oleh pemkot, dan tidak ada salahnya pelabuhan Feri di Juata Laut menjadi pelabuhan penumpang internasional yang memiliki areal imigrasi, sehingga dengan areal imigrasi penumpang asing baik yang keluar dan masuk tidak bermasalah,” harap Bambang. (KN6)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: