Oleh: kalutnews | 2 Agustus 2012

85 UPZ Miliki Andil Dalam Penghimpunan Zakat

TARAKAN – Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Tarakan menilai, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) memiliki peran penting dalam menghimpun dana zakat dari umat Muslim selama Ramadan. Tak hanya itu, UPZ yang tahun tercatat sebanyak 85 yang terdapat di masjid juga berperan besar terhadap pada kegiatan sosialisasi zakat fitrah kepada masyarakat.

“85 UPZ tersebut sudah mulai menerima zakat fitrah sejak awal Ramadan ini, peranan UPZ dalam mengumpulkan zakat cukup dominan didalamnya,”  kata Syamsi Sarman, Diresktur Eksekutif BAZ Tarakan kepada media ini, Kamis (2/8/2012).

Dari keseluruhan UPZ tersebut, lanjut dia, ada 3 masjid yang berhasil mengumpulkan zakat fitrah hingga Rp20 juta. Yakni masjid Darusallam-Kelurahan Karang Anyar, masjid Darul Ad’dah-Kelurahan Kampung Satu/Skip, dan Masjid Ar Rahim-Kelurahan Gunung Lingkas.

“Dipastikan tahun ini penghimpunan zakat ke 3 UPZ tersebut bisa sama seperti tahun lalu yang mencapai R20 juta,” ucapnya optimistis.

Sementara berdasarkan data penerimaan zakat pada Ramadan tahun lalu melalui 85 UPZ mencapai Rp Rp1,6 miliar. Kemudian disusul Seketariat BAZ  sebesar Rp400 juta, dan ditutup oleh gerai zakat sekitar Rp.200 juta. Dengan total keseluruhan penerimaan zakat pada Ramadan tahun lalu Rp2,2 miliar. (KN6)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: