Oleh: kalutnews | 2 Agustus 2012

Walikota Akui Tarakan Rawan Masuknya WNA Gelap

TARAKAN – Walikota Tarakan, H Udin Hianggio menilai Kota Tarakan merupakan daerah yang rawan munculnya warga negara asing (WNA) illegal. “Karena kita pintu masuk, karena jumlah tenaga Bea Cukai dan Imigrasi masih belum seimbang untuk membackup kasus masuknya warga asing gelap itu,” kata dia kepada media ini.

Untuk itu, ia berharap koordinasi pengawasan yang dibangun antar instansi terhadap WNA dapat terus terjaga. “Tapi kewaspaan ini tidak hanya kepada warga asing saja, melainkan warga pendatang. Karena Tarakan ini rawan, tempat masuknya narkoba, pedagangan wanita,” tambah Udin.

“Ini bukan masalah bagi Pemkot Tarakan melainkan sudah masuk masalah nasional, salah satu pintu-pintu masuk mereka, ada yang menggunakan perahu dengan mengenakan bendera merah putih, itu kan diluar kontrol kita selama ini,” sambung Walikota.

Selain itu, mantan Ketua DPRD Tarakan juga meminta pengawasan WNA dilakukan pihak-pihak perhotelan yang menjadi tempat sasaran mereka. Sementara itu, jumlah WNA yang tercatat di Kantor Imigrasi Kelas II Kota Tarakan hingga saat ini memang masih sedikit, yaitu sebanyak 123 orang.

Namun, untuk arus kedatangan dan keberangkatan WNA tersebut dari Tarakan sejak awal 2012 ini baik melalui Bandara Internasional Juwata Tarakan maupun Pelabuhan Malundung yang berjumlah sebanyak seribu orang setiap bulannya. (KN1)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: