Oleh: kalutnews | 5 Agustus 2012

Pilwali Tarakan Tetap Digelar Oktober 2013

Kalsutnews, TARAKAN – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi yang meminta tidak ada pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2014 mendatang, termasuk tidak merubah jadwal penyelenggaraan Pemilihan Walikota (Pilwali) Tarakan yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan.

“Kita (KPU,red) sudah mengetahui adanya intruksi dari Mendagri tersebut, dan dipastikan intruksi Mendagri tidak berpotensi untuk menunda penyelenggaraan Pilwali pada 23 Oktober 2013 mendatang,” kata Ketua KPU Tarakan, Syafruddin,S.H,M.Hum kepada media ini beberapa waktu lalu.

Jika mengacu kepada dasar hukum Perundang undangan di Indonesia, menurut Syafruddin, intruksi Mendagri tidak dapat merubah atau membatalakan Pilkada yang ada di daerah. Untuk merubah dan membatalkan suatu Pilkada, kata dia, harus berdasarkan kepada Undang undang, minimal Peraturan Pemerintah.

“Harusnya diatur dalam Peraturan Pemerintah pengganti Undang undang, bukan sebuah Intruksi,” jelasnya. Adanya intruksi Mendagri terhadap penundaan Pilkada, agar seluruh KPU berkonsentrasi penuh pada Pemilu legislatif dan Pemilihan Presiden yang akan diselenggarakan 2014.

Sampai saat ini belum dirapatkan oleh KPU Provinsi Kaltim dengan KPU yang ada di daerah. “Belum ada koordinasi dengan KPU provinsi , seharusnya KPU provinsi bisa merapatkannya,” tukasnya. (KN6)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: